FAKTOR-FAKTOR
PERUBAHAN ORGANISASI
Dalam organisasi terdapat 2 faktor
terjadinya perubahan organiasi, yaitu faktor intern dan faktor ekstern
A.
Faktor intern, faktor yang berasl dari dalam organisasi tersebut,
antara lain:
1. Perubahan tujuan
2. Perluasan wilayah operasi tujuan
3. Volume kegiatan yang bertambah banyak
4. Sikap dan perilaku dari para anggota organisasi.
B. Faktor ekstern, faktor yang berasal dari luar organisasi tersebut, antara lain
1.
Politik
2. Hukum
3. Kebudayaan
4. Teknologi
5. Sumber daya alam
6. Demograf
7. Sosiologi
Sikap organisasi dalam mengahadapi
terjadinya perubahan lingkungan inetrn dan ekstern antara lain :
1.
Mengadakan perubahan struktur organisasi
2.
Mengubah sikap dan perilaku pegawai
3.
Mengubah tata aliran kerja
4.
Mengubah peralatan kerja
5.
Mengubah prosedur kerja
6. Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.
2.PROSES PERUBAHAN
Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu mengahdapi berbagai macam tantangan. Berikut ini adalah macam-macam proses organisasi :
Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu mengahdapi berbagai macam tantangan. Berikut ini adalah macam-macam proses organisasi :
1.
Mengadakan pengkajian
2.
Mengadakan identifikasi
3.
Mengadakan perubahan
4.
Menentukan strategi
5.
Melakukan evaluasi
3.CIRI_CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara
berencana, terus-menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk
meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas
dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi.
Ciri-ciri pengembangan organiasi antara
lain :
1. Pengembangan
organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana
2. Pengembangan organisasi mencerminkan
suatu proses yang berlangsung terus-menerus.
3. Pengembangan
organisasi berorientasi masalah organaisasi yang hrus dipecahkan.
4. Pengembangan
organisasi merupakan usaha kearah penyempurnaan organisasi.
5. Pengembangan organisasi merupakan
tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi.
4. METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI
4. METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI
A. Metode
pengembangan organisasi antara lain :
1. Jaringan
manajerial
2. Latihan
kepekaan
3. Pembentukan
tim
4.
Umpan balik survey
B. Metode pengembangan keterampilan dan
sikap antara lain :
1.
Latihan ditempat kerja
2.
Latihan instruksi kerja
3.
Latihan diluar tempat kerja
4.
Latihan ditemapat tiruan.
llista.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar